NETWORKING CREATORS | COLLECTIVE CORNER REKAM SKENA CHERRYPOP FEST 2024

Content creator sebagaimana kami dapat pemahaman baru dari teman-teman NCreators (Malang) ternyata berbeda. Pengalaman mereka membentuk komunitas content creator cukup struggle ternyata. Mulai dari barter content, semua hal di-review, pokoknya semua mengacu pada bagaimana influencer mengisi content-nya di media sosial.

Pehagengsi; Alter\Native

Masih di hari pertama gelaran Cherrypop Music Festival program Collective Corner Rekam Skena. Setelah sebelumnya kita berdiskusi mengenai bagaimana video musik bekerja di ranah musik. Sekarang giliran teman-teman Pehagengster Malang bernama NCreators & Actshcool yang mengisi sesi kali ini. Kita akan membericarakan perihal berjejaring melalui sudut pandang content creator.

Tipuan pertama yang kami yakini, bahwa content creator itu kebanyakan harus mengikuti content on trend atau konten yang sedang viral/FYP/you named it lah. Diam-diam ternyata mempengaruhi persepsi publik yang memaparkan dirinya terhadap social media. Entah itu sebagai pekerjaan atau sebagai pemerhati social media (baca; mengisi waktu luang untuk menghibur diri) atau lagi (sambil sibuk megang HP) sebagai bisnis acting jika ia memang aktor yang grogian. Tapi apakah itu wave yang harus diikuti dengan mengesampingkan branding diri? atau ada jalan lain? Hee…

Salah satu peserta bercerita tentang keluh kesahnya terhadap perusahaan di mana ia bekerja sebagai ‘content creator’. Apa yang dia dapat? Ya, dia mengerjakan hampir semua yang berhubungan dengan content untuk promosi perusahaannya (baca; palugada). Dan peserta tersebut itu harus terus bertahan untuk memperpanjang nafas kreatifitasnya dengan bekerja sebagai content creator. Waktu yang didedikasikan sebagai palugada tersebut membuat waktu untuk riset kreatif menjadi tersita. Fuih...

Content creator bukan sekedar sekumpulan para membuat konten untuk dirinya atau sebuah brand/produk. Content creator memungkinkan kita untuk berbagi wawasan tentang deal-deal-an pekerjaan yang menyangkut dengan tarik ulur antara kebutuhan sebuah brand dengan kebutuhan kita. Siapa yang untung dan siapa yang akan buntung? Mari memperkuat hal-halnya melalui berjejaring atas kesepakatan kerja tentangnya. Gas!

Di daerahmu ada gak komunitas konten kreator? Kalo ada, boleh dong dikenalin ke kami. Simak dokumentasi acara lengkapnya di sini. MERDEKA!!!

Dok foto oleh: Angga Kurniawan

Pehagengsi; Alter\Native
Pehagengsi powered by Mergo Konco Studio

No comments:

Powered by Blogger.