Film; MURDIJATI GARDJITO (Sutradara: Hindra) | 2023

STILL PHOTO

SINOPSIS
Film ini mengisahkan tentang Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito. Perempuan kelahiran tahun 1942 ini merupakan salah satu akademisi, penulis, pemikir perempuan dalam bidang teknologi pangan dan gastronomi yang telah melakukan penelitian tentang makanan kuliner tradisional Indonesia. Hingga usianya yang menginjak 81 tahun, ditengah keterbatasan penglihatan dan menurunnya pendengaran beliau tidak pernah menyerah dalam berkarya dan berbagi ilmu. Ia percaya bahwa makanan khas Indonesia merupakan warisan dunia yang sarat makna serta dapat mencerminkan karakter bangsa. Keyakinannya ini dituangkan kedalam salah satu karya bukunya “Pusaka Cita Rasa Indonesia” (2023).

Prosedur memutar film Murdijati Gardjito, klik di sini

POSTER


DIRECTOR STATEMENT
Terdapat lebih dari enam puluh buku kuliner hasil penelitian Prof. Murdijati Gardjito sejak tahun 2003 hingga kini. Ia menemukan bahwa Indonesia memiliki kurang lebih 3.257 hidangan yang terbagi atas kudapan basah dan kering sebanyak 1.100, 150 jenis minuman, 208 hidangan pokok, serta lauk basah sebanyak 1800. Semangat dan pantang menyerah Murdijati dalam penulisan buku kuliner Indonesia bagi saya penting untuk dicatat pengetahuannya. Melalui film ini saya ingin mengenal lebih dekat dengan Bu Mur—panggilan akrabnya, saya terinspirasi pada ketekunan dan konsistensinya pada apa yang ia pilih dan cintai. Sebagai generasi yang lebih muda dari Bu Mur, saya ingin mencatat pemikiran-pemikiran dan karyanya agar saya dapat belajar dari pengalamannya serta melihat bagaimana sistem pendukung Bu Mur bekerja. Semoga apa yang saya rasakan juga dapat dirasakan oleh para penonton film ini. Melalui film ini saya mencoba untuk mendokumentasikan karya dan pengetahuan Murdijati Gardjito sebagai upaya untuk dapat mencatatkan sejarah salah satu pakar perempuan Indonesia di bidang teknologi pangan.

Judul: Murijati Gardjito
Ide, Gagasan, Sutradara dan Produser: Hindra Setya Rini
Durasi: 47 Menit
Genre: Dokumenter
Bahasa: Indonesia
Rumah Produksi: Pehagengsi
Tahun: 2023

CREDIT
Ide, Gagasan, Sutradara dan Produser: Hindra Setya Rini | Tim Periset: Gevi Noviyanti, Hardiwan Prayoga | Sinematografer: Aditya Krisnawan | Penata Cahaya: Jati Pramudya | Penata Busana dan Rias: Nesia Putri Amarasthi | Penata Musik: Reza Ali | Penata Suara: Alan Daru Wicaksana | Penyunting Gambar: Arief Khoirul Alim, Aditya Krisnawan | Pewawancara: Sekar Sari

TEASER


DATE
21082023 Bioskop Sonobudoyo - Yogyakarta (Release party & exhibition)
19092023 Fakultas Teknologi Pertanian UGM - Yogyakarta
12102023 Kissa Commonplace - Jambi
13102023 Festival Kebudayaan Yogyakarta - Yogyakarta
21102023 Pekan Kebudayaan Nasional - Jakarta
01122023 Pekan Budaya Difabel - Yogyakarta
04 & 07122023 Festival Film Dokumenter - Yogyakarta (in competition)

PRESS

No comments:

Powered by Blogger.